Minggu, 13 Desember 2015

TIPS PRAKTIS MEREDAKAN STRESS DENGAN CEPAT



Teknik ini yang selalu saya ajarkan pada setiap peserta pelatihan saya dengan tujuan untuk mengkondisikan perasaan dan pikiran kita ke kondisi yang stabil dengan waktu yang sangat cepat. Hanya beberapa detik setelah anchor nya dipicu. Prinsip dasarnya adalah kita mengakses kembali pengalaman yang paling menyenangkan dalam hidup kita dan kita hubungkan dengan stimulasi pada tubuh kita.

Adapun tekniknya adalah sebagai berikut :
  • Ambil posisi yang nyaman, rilekskan seluruh tubuh, tenang pikiran dan bernapaslah dengan sangat perlahan. Tenangkan diri anda beberapa saat
  • Setelah anda merasa tenang dan nyaman,akses pengalaman yang paling indah dalam kehidupan anda
  • žRasakan kembali pengalaman tersebut secara nyata seolah-olah itu terjadi kembali
  • Gunakan sebanyak mungkin panca indra: lihat,dengar,cium,rasa
  • Rasakan perasaan bahagianya
  • Perkuat perasaan bahagianya sampai mendekati puncak
  • Letakkan telapak tangan kanan di dada dan sugestikan “ Mulai saat ini dan seterusnya,jika saya meletakkan telapak tangan saya di dada maka saya langsung merasakan perasaan bahagia ini demi kebaikan dan kemajuan saya” 10x
  • Lepaskan tangan nya
  • žBuka mata secara perlahan
  • Lakukan pengetesan, pikirkan sesuatu yang membuat anda tidak nyaman baik itu marah,jengkel, kecewa dll, kembalikan perasaannya. Ketika perasaannya tidak nyamannya muncul, letakkan telapak tangan ke dada sambil menutup mata. Jika perasaan tidak nyaman anda berangsur-angsur berubah menjadi nyaman seperti anda kembali ke pengalaman indah dalam hidup anda, maka anchornya sudah terpasang dengan sempurna
  • Jika belum, ulangi lagi langkahnya dari awal
Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar