Selasa, 15 Desember 2015

RAHASIA MERUBAH TAKDIR


Banyak orang malas yang menjadikan takdir sebagai dalih atas kemalasannya. Padahal, takdir itu bisa diubah. Memang, tidak semua takdir bisa diubah. Misalnya,jika kita ditakdirkan menjadi laki-laki, tidak bisa diubah menjadi seorang perempuan. Lalu bagaimana cara kita mengubah takdir? Cara yang benar dan tepat, tentu saja harus bersumber dari pembuat takdir yang tiada lain Allah SWT, melalui Al-quran dan Hadis Nabi SAW.

            Bagi anda yang belum , bahwa takdir itu bisa diubah, silahkan simak hadis berikut: Nabi Muhammad SAW bersabda “ Barang siapa hatinya terbuka untuk berdoa, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih senangi oleh Allah SWT daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya doa bermanfaat bagi sesuatu yang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak takdir kecuali DOA, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada DOA” ( HR Turmudzi  dan Hakim)

Adapun Amalan-amalan untuk merubah takdir adalah sebagai berikut :

·         Berdoa. Hadis di atas merupakan dasar pemikiran bahwa takdir itu bisa diubah dengan doa

·         Bersedekah. Hadis Shahih nabi  “ Silaturahmi dapat memperpanjang umur dan sedekah dapat merubah takdir yang mubram “ ( HR.Bukhari,Muslim,At-Tarmidzi, Imam Ahmad)

·         Bertasbih dengan membaca ” La ilaha illa anta. Subhanaka, inni kuntu minazzhalimin… Tidak ada tuhan selain-Mu. Maha Suci Engkau. Sungguh, aku ini sudah berlaku zalim…”. Ini doa Nabi Yunus ketika dia berada di dalam perut ikan paus. Sangat dianjurkan dibaca khususnya pada saat kita mengalami kesulitan

·         Memperbanyak Istighfar

·         Bershalawat. Dari sebuah hadis shahih yang diriwayatkan oleh Ubay ibnu Ka’ab bahwa ada seorang laki-laki mendedikasikan semua pahala shalawatnya untuk Rasulullah Saw, maka rasullulah berkata kepada orang tersebut “ jika begitu,lenyapkan kesedihanmu, dan dosamu akan diampuni” ( HR Imam Ahmad At-tabroni)

Jadi, jangan berhenti berdoa dan berusaha. Seburuk apapun kondisi saat ini, semuanya masih bisa berubah. Bagaimana pun pahitnya pengalaman kita di masa lalu,masih bisa berubah. Optimis selalu dan tetap istiqomah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar