Kamis, 17 Desember 2015

CARA MEMAAFKAN YANG BENAR


Seorang sahabat saya semalam curhat melalui BBM ( mau curhat juga silahkan bbm saya hehehehe ) kalau dia mengalami trauma masa lalu. Dia pernah menikah dan akhirnya gagal. Efeknya dia takut untuk berumah tangga lagi.
Dia minta solusi kepada saya, bagaimana agar dia terlepas dari trauma tersebut. Akhirnya saya memberikan solusinya. Ada 3 hal yang harus dia lakukan untuk melepaskan trauma tsb yaitu :
1. Maafkan orang yang menyebabkan trauma tsb
2. Maafkan kejadian tersebut
3. Maknai secara positif kejadian tersebut.
lantas teman saya menjawab " Kalau itu sudah saya lakukan sejak dulu"...kalau sudah koq masih trauma?? apa ada yang salah dengan cara memaafkan saya???
Untuk bisa melepaskan emosi negatif, cara yang terbaik adalah dengan memaafkan. Yang banyak orang tidak pahami dan ketahui adalah memaafkan itu harus dilakukan di 2 level pikiran, yaitu level sadar dan level bawah sadar. Teman saya ini hanya melakukan pemaafan di level sadar saja sehingga traumanya masih bisa dirasakan
Emosi negatif tersimpan di bawah sadar yang kekuatannya 9x lebih kuat dari pikiran sadar. Jadi meskipun secara sadar kita sudah memaafkan, emosi negatif tersebut masih bisa dirasakan karena di level bawah sadar belum dilepaskan.
Bagaimana caranya memaafkan di level bawah sadar?
berikut saya berikan tahap-tahapnya :
·         Tutup mata dan Akses kembali memory kejadian trauma tersebut beserta emosinya
·         Hadirkan orang yang menyebabkan trauma tersebut dihadapan anda
·         Ungkapkan semua uneg-uneg anda kepada orang tersebut sepuas-puasnya, ekspresikan perasaan anda kepada orang tersebut dan niatkan setiap kata2 yang anda ucapkan membuat anda semakin nyaman
·         Setelah semuanya sudah anda ungkapkan, maafkanlah orang tsb dengan pemahaman bahwa memaafkan itu buat diri anda bukan untuk dia
·         Maafkan kejadian tersebut
·         Maknai ulang secara positif kejadian tersebut. jadikan sebagai pelajaran buat diri anda di masa depan
·         Bayangkan sekali lagi kejadian traumatik tsb....kalau anda sudah nyaman berarti emosi negatifnya sudah beres....kalau masih ada yang mengganjal ulangi lagi langkah 1-6
Latih terus teknik ini maka anda akan semakin mudah memaafkan dan anda bisa terbebas dari berbagai emosi negatif yang bisa merusak kehidupan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar