Kamis, 24 Desember 2015

TIPE ORANG TUA MANAKAH ANDA??



Tipe Over Protective
Tipe sgt melindungi anaknya.Tampak bahwa mereka sgt syg anak mereka. Namun yg sebenarnya terjadi adalah mereka begitu cemas & mereka berusaha untuk menghilangkan kecemasannya dengan cara menjauhkan anak mereka dari hal-hal yg dipandang bisa merugikan atau berdampak negatif pada anaknya. Tipe ini cenderung berpikir negatif dalam melihat sesuatu. Kecemasan mereka akan masuk ke dalam diri anak & anak juga menjadi pencemas.
Tipe Over Permissive
Tipe yg tampak sgt baik di mata anak karena selalu menuruti & membolehkan apapun yg diminta anak. Ini akan menimbulkan masalah pada hidup anak. Anak yg selalu mendapatkan apa yg diinginkan dengan mudah cenderung tdk menghargai upaya atau perjuangan & juga tdk akan begitu menghargai apa yg ia dapatkan. Krn,semuanya didapatkan dengan mudah.
Tipe Over Demanding
Tipe yg menuntut anak untuk hidup menurut standar tinggi yg mereka tetapkan. Kalau ulangan harus dapat nilai 10. Kalau makan harus rapi & tdk boleh berceceran. Anak harus pintar & berprestasi tinggi. Seringkali saat berbicara dengan orangtua tipe ini, mereka mengatakan bahwa mereka melakukan semua ini untuk menyiapkan hidup anak kelak.
Yg sangat disayangkan adalah tipe ini tdk mengerti psikologi perkembangan. Mereka menuntut anak berperilaku sesuai dengan standar mereka, yg seringkali tdk masuk akal kalau dibandingkan dengan usia anak. Akibatnya anak menjadi tertekan, cemas, takut, & menjadi bermasalah. 

Tipe Rejection
 Tipe yg menolak anak mereka, baik secara fisik, verbal, atau secara emosi, secara sadar maupun tdk sadar. Biasanya mereka sibuk dengan diri sendiri & anak hanya dititipkan atau dijaga oleh baby sitter atau pembantu. Penolakan ini juga bisa dilakukan dengan memberikan apa saja yg diminta oleh si anak. Sekilas, ini tampak seperti tipe Over Permissive, namun bedanya adalah yg tipe Rejection memberikan apa yg anak minta, agar anak bisa segera “disingkirkan” dari hadapannya & tdk mengganggu dirinya.
Tipe Dry Cleaning
Tipe yg tdk mau bertanggung jawab untuk pendidikan & pertumbuhan anak. Orangtua tipe ini biasanya menyekolahkan anak di sekolah top & menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab pendidikan anak pada pihak sekolah atau guru les. Kalau di rumah, orangtua tipe ini akan menyerahkan segala sesuatu pada baby sitter atau pengasuh anak. Mereka hanya akan menggendong atau bermain dengan anak kalau anaknya sudah bersih & wangi.
Tipe orangtua Ideal
Tipe yg tdk masuk dalam salah satu atau beberapa tipe di atas. Mereka tdk masuk ke level ekstrim. Orangtua Ideal tahu kapan bersikap hati-hati & melindungi anak mereka, tahu kapan membolehkan anak mendapatkan yg ia minta, tahu kapan menuntut anak untuk berprestasi atau bersikap tertentu, tdk menolak, & mengambil tanggung jawab penuh pada proses pendidikan anak di rumah.
Pertanyaan, Anda masuk tipe yg mana?
Jika anak anda bermasalah, coba lakukan analisa jujur terhadap diri sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar