Selasa, 22 Desember 2015

P3K (PERTOLONGAN PERTAMA PADA KEGALAUAN)

Menangani orang galau baik yang ringan maupun akut adalah pekerjaan saya sehari-hari sebagai seorang hipnoterapist Klinis. Dan setiap kasus galau yang saya tangani UNIK. Nah kali ini saya akan memberikan tips P3K:
1. Tarik nafas dalam. Tarik nafas dalam dan sepanjang-panjangnya, selanjutnya hembuskan sambil niatkan dan ijinkan diri melepas semua beban yang menyesaki dada bersama dengan hembusan nafas yang dilakukan. Lakukan hal ini berulang-ulang hingga sesak di dada menghilang dan ringan. Ini adalah pertolongan pertama saat sesak nafas di dada karena beban masalah sudah terasa sangat mengganggu.
2.  Ambil waktu sendiri di ruangan private. Tumpahkan semua perasaan misalnya dengan menangis, mengomel atau marah bahkan bila perlu pukul bantal atau sansak. Lakukan semuanya sambil membayangkan subyek atau obyek yang membuat Anda galau, sampai diri Anda puas dan lega. Namun hati-hati bagi penderita penyakit kronis, misal tekanan darah tinggi, jantung. Luapan emosi yang berlebihan dapat mentimulasi serangan atau kambuhnya penyakit yang Anda derita
3.  Tulis. Nah, bagi penderita penyakit kronis, tips yang ini lebih disarankan dibanding meluapkan emosi seperti pada saran nomer 2. Pada saran ini yang perlu anda lakukan adalah ambil selembar kertas dan pena. Selanjutnya anda tuliskan semua perasaan atau hal yang mengganjal atau uneg-uneg atau apapun yg dirasa penyebab galau ke dalam lembaran itu. Tuliskan semuanya, jangan sampai ada yang tersisa. Pada saat kita menulis, kita memindahkan beban dan perasaan tidak nyaman kita keluar dari diri kita ke tulisan. Setelah semuanya lepas, yang perlu Anda lakukan adalah merobek-robeknya sampai kecil dan buang, atau bisa juga dengan membakar kertasnya. Hal ini sebagai simbol bagi diri bahwa kita tidak membutuhkan semua perasaan itu ada dalam diri kita.

Jika Galau berlanjut segera hubungi Dokter pikiran anda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar