Minggu, 20 Desember 2015

INI DIA YANG MENGHANCURKAN KEIKHLASAN

Ada empat hal yang tak terpisahkan yang menjadi penghambat untuk bersikap IKHLAS. Jika berhasil melewatinya maka kita akan memiliki jiwa besar.

1.      Berharap kepada selain Tuhan.
Keikhlasan adalah harapan. Orang yang selalu berharap selain kepada Tuhan akan selalu mengalami kekecawaan ketika apa yang dia harap tidak ia dapatkan. Sebaliknya, orang yang selalu berharap kepada Tuhan akan selalu menjalani kehidupan dengan sikap ikhlas dan pasrah. Berusaha yang terbaik dan menyerahkan hasilnya kepada Allah. Dengan demikian,ketika dia tidak mendapatkan apa yang ia harapkan, dia tidak akan kecewa
2.      Menceritakan kebaikan demi mendapatkan pujian
Orang senang jika dipuji. Namun, terkadang ada orang yang senang dipuji, tapi tidak senang memuji dan mengapresiasi usaha orang lain. Hanya menuntut pujian, namun tak memberi. Jangan berharap pujian untuk kebaikan yang anda lakukan jika akan merusak keikhlasan.
3.      Niat yang buruk
Setiap perbuatan tergantung pada niatnya. Nabi Muhammad saw bersabda, mengingatkan kita agar berhati hati dengan niat. Jika kita berniat buruk, energi keburukan akan mengumpul,memudahkan kita melakukan keburukan itu sehingga keburukan itu akan kembali pada diri kita. Begitu juga sebaliknya, jika kita berniat baik, maka memudahkan kita untuk berbuat baik, dan kebaikan tsb akan kembali dalam diri kita.
4.      Selalu berpikir untung-rugi
Tidak semua aspek kehidupan berorientasi pada untung dan rugi. Setiap kegagalan tidak selalu berarti rugi. Orang yang bersikap ikhlas bisa mengartikan kegagalan sebagai modal kesuksesan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar