Rabu, 12 Juli 2017

CARA BIJAK MELUPAKAN SANG MANTAN


Banyak sekali pasien saya yang datang dan meminta saya menghapus semua memori masa lalunya yang tidak menyenangkan. Kasus yang paling banyak dengan permintaan tersebut adalah kasus ingin melupakan mantan hehehe...kasus yang terjadi bukan hanya hits di kalangan remaja tapi juga ternyata hits dikalangan orang dewasa.

Saya pernah menangani pasien yang ingin melupakan mantan itu umur 17 tahun dan saya juga pernah menangani pasien  dengan kasus yang sama itu umur 52 tahun. Nah yang kedua ini bukan mantan pacar tapi mantan suami.

Dalam hipnoterapi memang ada fenomena yang disebut Amnesia. Artinya pasien kita sugesti untuk melupakan sesuatu obyek. Dan ini butuh kedalaman hypnosis yang sangat dalam. Butuh keterampilan yang cukup untuk bisa membimbing pasien ke kedalaman hipnosis ini karena tingkat sugestibilitas pasien yang tidak sama. Ada yang mudah, normal dan sulit. Ada banyak faktor yang menentukan tingkat sugestibilitas pasien. Salah satunya adalah Kepercayaan terhadap hipnoterapisnya. Jadi mau tidak mau, untuk memunculkan fenomena amnesia ini type sugestibilitas apapun wajib masuk ke kedalaman hipnosis yang sangat dalam ini. Kedalaman hipnosis ini biasa kita sebut somnambulism.

Nah dalam kasus ingin melupakan mantan, apakah kita bisa menggunakan fenomena ini?

Berdasarkan pengalaman praktek saya selama 9 tahun, tidak bisa. Kalau pun diaplikasikan hasilnya tidak akan permanen. Rata-rata pasien meminta ketika dia ketemu mantannya, tiba-tiba dia lupa orang tersebut alias tidak kenal hehehe. Permintaan yang sangat sulit bagi saya. Coba anda bayangkan, anda pacaran 5 tahun, tiap hari ketemu, setelah sugesti, besok ketemu lagi dengan mantan, ketika mantan menyapa, anda langsung bilang “ maaf km siapa? Kita pernah kenal nda?” hehehe

Saya tidak tahu apakah ada teknik dalam hipnoterapi yang bisa membuat seperti itu. Tapi sepengetahuan saya tidak ada.

“Tapi pak...yang saya lihat di tv tv itu bisa pak”...Saya sudah katakan sebelumnya memang bisa, tapi subyek harus dalam kondisi hipnosis yang dalam. Setelah keluar dari kondisi hipnosis, ya kembali lagi seperti semula.

Fenomena amnesia sebenarnya secara teknik adalah menyembunyikan memori yang ada sehingga tidak bisa diakses. Layaknya komputer, filenya kita hidden sehingga tidak bisa ditemukan dan diakses.

Nah sekarang pertanyaannya, bagaimana penanganan untuk kasus ingin melupakan mantan ini?

Cara yang terbaik dan bijak adalah menetralisir emosi yang melekat pada memory tersebut.Jadi emosi-emosi yang berhubungan dengan mantan yang kita netralisir. Karena sebenarnya yang mengganggu hanyalah emosinya bukan memorynya sehingga ketika emosi sudah berhasil kita netralisir, ketika pasien mengingat mantannya, ya perasaannya biasa biasa saja...beres khan hehehe

Bagaimana cara menetralisir emosinya?

Yang sering saya gunakan adalah dengan membimbing pasien untuk memaafkan, meminta maaf, berdamai dengan diri sendiri dan yang terakhir sebagai finishing adalah dengan melakukan edukasi ulang di level bawah sadar agar pasien bisa menerima masalah ini dengan ikhlas dan bisa mengambil hikmahnya.

Semoga bermanfaat

Dokter Pikiran
Solusi Masalah Pikiran Anda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar